Perangkat Mengajar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                              : SMP ………………..

Mata Pelajaran               : Seni Budaya (Seni Rupa)

Kelas / Semester           : VIII (delapan) / 1 (satu)

Standar Kompetensi      : 1.       Mengapresiasi Karya Seni Rupa

Kompetensi Dasar         : 1.1      Mengidentifikasi jenis karya seni rupa

terapan  nusantara

Indikator                        : –   Mengidentifikasikan beragam jenis, bentuk dan teknik pembuatan karya seni rupa terapan Nusantara

-          Mendeskripsikan beragam jenis, bentuk dan teknik pembuatan dan makna karya seni rupa Nusantara

Alokasi Waktu               : 4 x 40 menit  (2 kali pertemuan)

  1. A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

  1. Menjelaskan pengertian seni rupa terapan nusantara
  2. Mengelompokkan karya seni rupa terapan berdasarkan ragam jenis, bentuk, dan teknik pembuatannya
  3. Menyebutkan benda-benda seni yang tergolong seni rupa terapan
  4. Menyebutkan teknik pembuatan karya seni rupa terapan
  5. Membuat analisis komparasi hasil karya seni rupa terapan daerah
  1. B. Materi Pembelajaran
    1. Sejarah seni rupa Indonesia
    2. Jenis dan bentuk karya seni rupa terapan Nusantara
  1. C. Metode Pembelajaran

Model Pendekatan CTL dan Life Skill

  1. D. Langkah-langkah Pembelajaran
    1. Kegiatan Pendahuluan
      1. Guru memberi salam pada siswa (apersepsi)
      2. Tanya jawab berbagai hal yang berkaitan dengan wawasan siswa mengenai karya seni rupa nusantara.
    2. Kegiatan Inti

Pertemuan 1

  1. Siswa membaca buku referensi tentang sejarah seni rupa
  2. Siswa mengidentifikasi dan mengelompokkan karya seni rupa terapan dua dimensi dan tiga dimensi

Pertemuan 2

  1. Siswa memperhatikan tayangan slide atau VCD hasil kaarya seni rupa terapan nusantara
  2. Siswa mengamati contoh karya seni rupa terapan daerah Yogyakarta dan Bali
  3. Siswa mengadakan studi komparasi seni rupa terapan Yogyakarta dan Bali tentaang keragaman bentuk, makna simboliknya
  4. Kegiatan akhir
    1. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.
    2. Menyimpulkan materi pembelajaran.
  1. E. Alat/Sumber Bahan

Buku teks, majalah, contoh karya

  1. F. Penilaian
    1. Teknik                           : Tes
    2. Bentuk instrumen           : tes tertulis

Instrumen    :

  1. Sebutkan10 (sepuluh) jenis karya seni rupa terapan nusantara
  2. Jelaskan 3 (tga) teknik pembuatan karya seni rupa terapan nusantara dengan bahan tanah liat
  3. Sebutkan ciri-ciri seni rupa terapan
  4. Jelaskan perbedaan seni rupa terapan daerah Yogyakarya dan Bali

Lembar penilaian

No

Skor perolehan

(a)

Skor maksimal

(b)

Bobot soal

(c)

Nilai tiap soal

1

2

3

4

10

3

2

2

3

2

2

3

10

Mengetahui                                                        ……………., ……………200….

Kepala Sekolah                                                 Guru Mata Pelajaran

________________                                             ______________

NIP.                                                                              NIP.

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                    : SMP
Kelas                         : VIII ( delapan )
Mata Pelajaran     : Seni Budaya/Seni Musik
Semester                 : 2 (dua)
Alokasi Waktu       : 2 x 40 menit

Standar Kompetensi    : 11. Mengapresiasi Karya Seni musik
Kompetensi Dasar        : 11.1 Mengidentifikasi ragam jenis musik tradisional Nusantara

Indikator :
a. Menyebutkan tema lagu Kicir – Kicir
b. Menjelaskan unsur lagu Kicir – Kicir
c. Mengidentifikasikan elemen musik yang terdapat pada lagu Kicir – Kicir.

1. Tujuan Pembelajaran
Pada proses pembelajaran siswa dapat :
a. Menjelaskan maksud syair lagu Kicir – Kicir
b. Menjelaskan unsur lagu Kicir – Kicir
c. Mengidentifikasikan elemen musik yang terdapat pada lagu Kicir – Kicir.

2. Materi Ajar
~ Lagu daerah Betawi “Kicir – Kicir”

3. Metode
Model Pendekatan Ctl dan life skill

4. Langkah-langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan Pendahuluan
Guru menyajikan lagu Kicir – Kicir, Siswa menanggapi unsur – unsur lagu     tersebut
b. Kegiatan Inti
~ Mendengarkan lagu-lagu etnik daerah Betawi “Kicir – Kicir” melalui VCD/CD/tape recorder
~ Mendiskusikan tentang elemen-elemen musik seperti irama, tempo, nada dan dinamika
~ Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan
~ Memberikan tanggapan pribadi secara lisan atau tertulis
c. Kegiatan Akhir
~ Menanyai kesulitan siswa selama PBM
~ Menyimpulkan materi pembelajaran

5. Sumber belajar
– Buku
– Lagu daerah Jawa Tengah ” Kicir – Kicir”
– VCD/CD/kaset/guru
– Partitur lagu ” Kicir – Kicir”

6. Penilaian
– Teknik : Tes tulis/tertulis,

- Bentuk Intsrumen
1. Sebutkan nama irama, dinamika, tempo lagu yang diperdengarkan
2. Sebutkan alat musik yang dipergunakan dalam lagu yang diperdengarkan
3. Siapa nama pencipta lagu ” Kicir – Kicir”
4. Ceritakan makna lagu ” Kicir – Kicir”
5. Sebutkan tanda mula pada lagu ” Kicir – Kicir”
Format penilaian

No Skor Perolehan

No Skor Perolehan
(A) Skor Maksimal
(B) Bobot Soal (C) Nilai tiap Soal
1 2 4
2 2 2
3 1 1
4 2 1
5 3 2
10 Jumlah

Nilai tiap soal = A / B x C
………………, ………..2007
Mengetahui Kepala Sekolah                                Guru Mata Pelajaran

……………………………………                                …………………………..
NIP                                                                                NIP

Responses

  1. Setelah membaca informasi bagus ini ada yang ingin saya tanyakan Pak.
    1. Apakah Bapak memiliki informasi serupa di atas untuk tingkat TK dan SD?
    2. Apakah informasi mengenai RPP ini ada yang telah dibuat secara lengkap atau guru harus membuat sendiri ?
    Terima kasih banyak!!!

    • Buat mbak Rohayati,
      1. Maaf untuk materi tingkat TK dan SD saya tidak memiliki. Sebab saya praktisi pendidikan di SMP.
      2. RPP pada hakekatnya dibuat oleh guru sendiri. dengan mengacu pada KTSP.

  2. ini bagus. hanya saja mana jawaban dari pembelajaran ini?

  3. saya hanya tidak mengerti maksud dari situs ini karena, tidak ada satupun makna dari situs ini. tapi ini baguus..
    well done.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: